Header Ads

7 Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di HP Android, Terbukti!

Pernah nggak merasakan aplikasi di HP Android kamu sering bermasalah?
Misalnya saja tiba-tiba terhenti dan mengeluarkan pop-up"Sayangnya, aplikasi telah berhenti". Pastinya kamu akan kesal dan kebingungan guys.
Nah jika kamu menemui hal ini, nggak perlu panik! Berikut DewaLive akan ulas cara mengatasi aplikasi terhenti di HP Android yang sudah terbukti. Simak yuk!

Apa Sih Penyebab Aplikasi Terhenti di HP Android?


Terkadang buat kamu para pengguna Android, pernah menemui notifikasi "Sayangnya aplikasi telah 
berhenti" atau "Unfortunately app has stopped" saat sedang asyik-asyik menggunakan smartphone.

Sebelum mencari tahu cara mengatasi "Sayangnya, aplikasi telah berhenti" di Android, ada baiknya kamu tahu lebih dahulu apa saja penyebab-penyebabnya seperti berikut.

1. Memori RAM Penuh

Memori RAM di Android memegang peranan penting dalam menjalankan berbagai aplikasi di smartphone. Nah memori RAM yang terbatas dan banyaknya aplikasi yang berjalan di background tentu membuatnya menjadi penuh.
Dengan kondisi seperti ini, terkadang aplikasi yang hendak kamu jalankan akan kehabisan memori dan akan error saat dibuka atau malah tidak bisa digunakan sama sekali guys.

2. File Cache Aplikasi Menumpuk

Sistem operasi Android selalu menyimpan file cache setiap aplikasi untuk mempercepat kamu dalam menggunakanya di lain waktu.
File cache akan menumpuk jika lama tidak kamu bersihkan dan menyebabkan performa smartphone menurun. Termasuk saat menjalankan aplikasi.

3. Aplikasi dan Sistem Operasi Tidak Kompatibel

Semakin waktu, aplikasi dan sistem operasi Android mendapatkan update untuk memperbaiki masalah dan meningkatkan performa. Jika kamu menggunakan smartphone Android jadul, bisa saja aplikasi tidak lagi kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan.
Misalnya saja jika kamu menggunakan smartphone dengan Android 4.4 KitKat dan aplikasi minimal membutuhkan Android 5.0 Lollipop, tentu nggak akan bisa digunakan guys.

Kumpulan Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di HP Android!

Nah itulah beberapa penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti di Android, sudah tahu kan? Setelah mengetahui penyebabnya, kali ini DewaLive akan kasih tahu cara mengatasi aplikasi telah berhenti di Android. Yuk simak pembahasan selengkapnya!

1. Hentikan Aplikasi Berjalan di Background

Salah satu penyebab aplikasi Android menjadi error adalah penuhnya memori RAM yang digunakan. Solusi pertama kali yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan dan mengentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang alias background.
Untuk melakukannya, pada kebanyakan smartphone kamu tinggal tap tombol Recent Apps dan tinggal tekan ikon "X" atau bersihkan untuk menghapus semua proses yang berjalan di background.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Sayangnya aplikasi telah berhenti di Android bisa jadi disebabkan oleh cache dan data yang error pada aplikasi tersebut. Kamu pun bisa mengatur manajemen aplikasi dengan menghapus cache dan data aplikasi di smartphone Android kamu.
Caranya kamu tinggal membuka menu Settings > App & notifications > Pilih Aplikasi > Storage > Clear Cache atau Clear Data untuk menghapus salah satu atau keduanya.
Selain menggunakan cara manual, kamu bisa juga menggunakan aplikasi pembersih Android seperti CCleaner untuk membersihkan seluruh aplikasi secara sekaligus guys.

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti Lainnya...

3. Cek Kartu microSD

Hampir semua smartphone saat ini dibekali dengan slot kartu microSD tambahan untuk menyimpan berbagai file termasuk beberapa aplikasi.
Kartu microSD yang error terkadang membuat aplikasi Android terhenti bahkan saat kamu gunakan.
Untuk langkah awal, kamu bisa mengatasinya dengan cara mematikan smartphone Android dan mengecek kondisi kartu SD yang kamu gunakan.
Jika sudah, pasang kembali dan nyalakan kembali smartphone kamu.

4. Restart Smartphone Android

Error pada aplikasi Android yang berhenti saat kamu gunakan dapat disebabkan beberapa hal. Mulai dari aplikasi hingga sinyal internet yang tidak stabil kamu gunakan. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan restart Android guys.
Dengan cara ini, smartphone Android tentu akan dinyalakan kembali dengan kondisi fresh seperti keadaan semula.
Jika kamu masih belum yakin, kamu tinggal menonaktifkan smartphone selama beberapa menit sebelum dinyalakan kembali.

5. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi

Jika cara sebelumnya masih belum membawa solusi, kamu bisa melakukan uninstall dan install ulang aplikasi yang kamu gunakan. Hal ini bisa saja disebabkan beberapa data aplikasi error dan corrupt sehingga aplikasi tidak berjalan semestinya.
Memang cara ini memerlukan kuota internet untuk melakukan instalasi ulang aplikasi. Namun cara ini bisa saja membuat aplikasi Android normal kembali dan bisa kamu gunakan selanjutnya loh.

6. Update Aplikasi dan Sistem Operasi

Memperbarui alias update aplikasi Android bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan aplikasi Android yang telah berhenti di smartphone kamu.
Pembaruan aplikasi selain mengatasi aplikasi error atau corrupt, juga bisa menghilangkan beberapa bug yang bisa jadi akar permasalahan.
Bukan hanya update aplikasi, kamu juga wajib untuk memperbarui sistem operasi Android yang dipakai menjadi yang lebih baru.
Hal ini dikarenakan karena kebutuhan minimal aplikasi pasti meningkat dari waktu ke waktu guys.

7. Factory Reset Smartphone

Apabila semua cara di atas belum mempan, kamu bisa mencoba untuk melakukan factory resetsmartphone Android kamu.
Walaupun belum pasti mengatasi masalah aplikasi terhenti, cara ini akan mengembalikan smartphone Android ke kondisi semula seperti baru.
Caranya kamu tinggal pergi ke menu Settings > System > Reset options >Erase all data (factory reset). Cara ini bisa berbeda-beda tergantung dari model smartphone yang kamu gunakan.
Sebelumnya kamu pastikan semua data sudah ter-back up dengan baik dan benar. Karena pada dasarnya cara ini akan juga menghapus memori internal, termasuk aplikasi, foto dan video yang kamu simpan guys.
Nah, itulah ulasan DewaLive mengenai cara mengatasi "Sayangnya aplikasi telah berhenti" di smartphone Android.
Powered by Blogger.