Header Ads

Apakah Perbedaan HTTP dan HTTPS? Yuk Ketahui di Sini

Demen internetan? Atau malah saat ini tengah mengelola sebuah blog pribadi nih?
Pastinya kamu nggak akan asing ketika mendengar istilah HTTP dan HTTPS nih. Apalagi jika kamu suka menjelajah dunia maya berbekal aplikasi browser yang digunakan.
Namun apakah kamu sudah memahami, apa sih kedua istilah ini dan apa saja perbedaannya? Biar kamu makin tahu, berikut Jaka ulas perbedaan HTTP dan HTTPS selengkapnya!

Pengertian HTTP dan HTTPS

Walaupun kelihatannya hampir sama dan hanya berbeda satu huruf saja, HTTP dan HTTPS jauh berbeda dan memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk sebuah website atau blog loh.
Sebelum mengulas lebih dalam mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS, yuk kenali dulu apakah sebenarnya sih kedua istilah ini.

Apa Itu HTTP?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) memiliki arti sebagai permintaan atau respon protokol berdasarkan mode komunikasi klien atau server.
Secara mudahnya, HTTP dapat diartikan sebagai sebuah protokol yang mengatur komunikasi antara klien dan server guys. Lalu siapa klien sebenarnya?
Klien yang dimaksud dalam hubungan ini merupakan web browser maupun perangkat lain yang mampu mengakses, menerima dan menampilkan konten di dalam web.
Jadi klien akan mengirim pesan ke server yang memiliki konten HTML dan menjawabnya dengan respon yang berisi konten HTML. Kegiatan inilah yang diatur dalam sebuah protokol bernama HTTP.

Apa Itu HTTPS?

Lalu HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan versi lebih aman dari HTTP, yang dikembangkan oleh Netscape Communication pada 1993 silam.
HTTPS ini terimplementasi dengan SSL (Secure Socket Layer) yang pada akhirnya mengalami pembaruan menjadi TLS (Transport Layer Security).
Pada masa kini, kebanyakan website sudah menerapkan HTTPS sebagai sebuah standar. Sebuah web browser yang terintegrasi dengan HTTPS membutuhkan SSL Certificate untuk menotentikasi server atau website.
Jika kamu perhatikan, penggunaan protokol HTTPS ditandai dengan ikon gembok pada sebelah kiri address bar. Di situlah informasi otentikasi sertifikat bisa kamu lihat.

1. Keamanan Data Antara Klien dan Server

Pertama berkaitan dengan keamanan data antara klien dengan server, HTTP tidak bisa menjaminnya. Sementara HTTPS yang sudah diberikan protokol keamanan sudah bisa melakukan hal ini.
Setidaknya pula HTTPS mampu menangani isu keamanan data lewat tiga metode, yakni autentikasi server, kerahasiaan data lewat enkripsi dan integritas data.

2. Perbedaan Penggunaan Port dan SSL


Kemudian mengenai port yang digunakan, HTTP menggunakan port 80 dan HTTPS menggunakan port 443.
HTTP dan HTTPS keduanya memiliki protokol antara klien-server yang sama, namun berbeda dengan diharuskannya sertifkat SSL pada HTTPS.
SSL (Secure Socket Layer) yang sudah disebutkan di awal juga berfungsi dalam keamanan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang ditransmisikan antara klien dan server.

Keuntungan HTTPS Dibanding HTTP

Melihat penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS di atas sudah jelas kalau HTTPS saat ini sudah menjadi sebuah standar dan tampaknya diwajibkan untuk para pemiliki website maupun blog.
Lalu apa sajakah keuntungan protokol HTTPS dibandingkan HTTP dalam penggunaannya?
  • Mengamankan data dan transaksi yang ada di website dengan enkripsi, termasuk untuk password dan lainnya.
  • Menambah tingkat kepercayaan pengunjung website dengan warna hijau yang biasanya terdapat pada address bar dan ikon.
  • Prioritas dalam mendapatkan ranking SEO yang lebih baik di laman pencarian Google.

Akhir Kata

Nah itulah dia sekilas mengenai perbedaan antara HTTP dan HTTPs beserta keuntungan menggunakan HTTPS dibandikan HTTP untuk website dan blog saat ini.

No comments

Powered by Blogger.