Header Ads

Begini Cara Mengaktifkan Unknown Sources di Android dan Mematikannya

DEWALIVE - Cara Mengaktifkan Unknown Sources. Di hp Android, khususnya yang kita dapat secara resmi dari vendor yang bekerja sama dengan Google, ada fitur yang disebut unknown sources.
Fitur atau setting ini tersembunyi jauh di dalam menu pengaturan, sangkan tidak mudah diakses sembarangan karena bisa berbahaya untuk beberapa alasan.
Salah satunya ketika kita akan menginstall aplikasi berbahaya yang mengandung virus atau malware misalnya. Maka sebaiknya Unknown Sources atau sumber tidak dikenal ini dimatikan saja.
Dengan demikian, ponsel tidak akan mengizinkan untuk menginstall aplikasi dari sumber sembarangan selain Google Play Store.


Namun ada kalanya, kita membutuhkan izin untuk menginstall apliakasi dari sumber tak dikenal ini.
Misalnya ketika kita ingin memasang aplikasi khusus yang memang tidak dipajang di Play Store, seperti aplikasi khusus yang berhubungan dengan pekerjaan.
Atau jika kita sedang belajar membuat aplikasi Android sendiri, dan ingin mengujinya di hp Android kita.
Dan ada alasan lain, seperti ketika kita ingin memasang aplikasi yang sudah tidak tersedia di Play Store, seperti Google Camera misalnya.
Nah, lalu bagaimana cara mengaktifkan sumber tidak diketahui ini? Ya, nyaris semua hp Android menerapkan pengaturan sama. Kecuali untuk beberapa smartphone dengan OS khusus.
Misalnya jika mencari cara mengaktifkan unknown source Samsung Z2, maka jangan pakai cara ini, karena ponsel tersebut tidak memakai Android, melainkan Tizen.
Nah, lalu bagaimana cara mengaktifkan sumber tidak dikenal ini di Android? Berikut langkah cepat dan tepatnya.

Cara Mengaktifkan Unknown Sources Android

Pada dasarnya cara mengaktifkan sumber tidak dikenal ini nyaris sama di semua hp Android. Namun karena kami mengujinya dengan hp Xiaomi, tutorial ini sangat cocok untuk Anda yang mencari cara mengaktifkan sumber tidak dikenal di hp Xiaomi.
Nah, langsung saja.
1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah masuk ke menu android unknown sources setting. Menu ini terletak di Setting.
2. Caranya mudah, masuk ke menu Setting > Additional Setting > Privacy.
3. Di sini kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkan menu sumber tak dikenal atau unknow sourcessesuai keinginan dan kebutuhan kamu.


Dengan demikian, tidak perlu bingung lagi ketika ingin menginstall aplikasi dari sumber lain selain Google Play Store.
Tinggal masuk ke menu android unknown sources setting, dan nyalakan atau matikan sesuai kebutuhan kamu.
Nah, ternyata cara mengaktifkan unknown source atau mematikannya itu sangat gampang ya, tinggal pencet dan pencet. Beres deh.

No comments

Powered by Blogger.